3 Makanan Korea yang Paling Ingin Dicoba

17 Apr 2012

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/DOeDaBfH7rE" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Berwisata ke luar negeri rasanya belum sempurna tanpa mencicipi makanan khas negara tersebut. seperti saat ini salah satu negara yang menjadi target kunjungan wisata banyak orang adalah Korea. Di Korea ada banyak jenis makanan yang menarik dan menggoda selera lidah kita. Bukan hanya dari rasa makanannya saja, tapi kandungannya juga memiliki khasiat yang bermanfaat.

Sebenarnya ada banyak makanan Korea yang menarik, namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai 3 makanan paling menarik yang paling ingin dicoba oleh orang Indonesia di Korea. Diantaranya adalah Kimchi, Samgyetang dan kue tradisional Tteok.

Sandra Dewi di Korea sebagai Ambassador Korea Tourism Organization Indonesia

Sandra Dewi di Korea sebagai Ambassador Korea Tourism Organization Indonesia

1. Kimchi

Kimchi dari E-Book Korea Cuisine

Kimchi dari E-Book Korea Cuisine

Mendengar nama makanan tersebut pasti tidak asing lagi di telinga kita ya. Nama jenis makanan yang satu ini telah terkenal, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Resto Korea di Indonesia juga ada yang menyajikan kimchi.

Kimchi adalah sayuran hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Biasanya sayur yang dijadikan kimchi antara lain lobak dan sawi putih. Saya pernah mencoba kimchi sama teman saya. Rasanya kimchi itu asam pedas, kayak asinan.

Teman saya ada yang bilang katanya kimchi di Korea rasanya lebih enak dan lebih natural karena langsung, masih segar lagi. Ada lagi yang bilang walaupun bumbunya sama tapi kan tangannya beda, jadi sekali-kali bisalah cobain kimchi di Korea.

Kimchi

Kimchi

2. Samgyetang

Samgyetang

Samgyetang

Kalo kimchi itu jenis sayuran, nah makanan yang satu ini bisa buat cicipan makanan berkuah favorit kita. Samgyetang adalah sup ayam ginseng Korea dengan bumbu tambahan merica dan garam. Bisa juga dimakan barengan dengan kimchi.

Kandungan gizi Samgyetang yang direbus dengan tanaman obat dipercaya bisa mencegah penyakit. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas: chobok, jungbok, dan malbok. Ketiga hari tersebut merupakan hari terpanas selama setahun di Korea. Sehingga biasanya badan lemas dan kurang semangat. Untuk itulah dianjurkan mengkonsumsi Samgyetang, sehingga tubuh yang selalu berkeringat tidak menjadi lemas.

3. Kue Tradisional Tteok

Tteok

Tteok

Setelah Kimchi dan Samgyetang, pasti kita akan mencari menu makanan pencuci mulut atau makanan ringan. Kalo mencari makanan pencuci mulut, kita bisa cari kue tradisional Korea. Ada banyak jenis kue tradisional Korea, tapi yang paling terkenal namanya adalah Tteok.

Tteok adalah kue tradisional Korea yang dibuat dari beras atau ketan. Ada Tteok yang dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Rasa kue Tteok ini manis karena menggunakan pemanis berupa madu atau gula. Bahan tambahan yang sering digunakan antara lain adalah sejenis labu parang, kacang hijau, kacang azuki, atau wijen. Saya yakin jika kita sekali mencicipinya pasti akan ketagihan untuk makan kue tradisional ini ya.

Tiga jenis makanan diatas merupakan makanan yang paling ingin dicoba jika kita mengunjungi Korea. Oleh sebab itu, saya sangat ingin dapat pergi ke Korea, semoga impian saya ini dapat terwujud melalui pihak Korea Tourism Organization Indonesia yang sedang menggelar event PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT. Dimana hadiah bagi juara 1 adalah gratis pergi ke Korea selama 4 malam 5 hari dan gratis biaya administrasi, biaya visa dan lainnya. Semoga saya yang terpilih untuk dapat pergi ke Korea. Dukung saya ya, terima kasih, gomawo ^^

Sumber gambar :

http://sandradewi.blogseleb.com/wp-content/uploads/2012/03/korea-105.jpg

http://english.visitkorea.or.kr/e_book/ecatalog.jsp?Dir=4&catimage=

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2011/1/21/1295632083265/Kimchi-007.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-UdCN7DVsAnQ/TaMHjfRY1XI/AAAAAAAAADo/yqMiUNrPSSo/s1600/samgyetang.jpg

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fd/Tteok.jpg


TAGS Korea Tourism Organization Indonesia tempat wisata wisata Korea Selatan tempat wisata korea selatan Hallyu touch korea tour buzz Korea Kimchi Samgyetang Tteok Makanan Korea


-

Author

Follow Me